My Weblog

Just another WordPress.com weblog

Laptop Baru Tak Sampai Rp.4 Juta

Laptop Baru Tak Sampai Rp.4 Juta

asus-eee1.jpgRingan, cuma 1 kg. Kecil, layar 7 inci dan 8 inci. Sudah dipasang Windows XP, ada web cam lagi.

cocok bagi bloger dan reporter; blog berita; jarar siahaan

Bila engkau sedang berencana membeli laptop mahal semacam merek Toshiba, Dell, atau Sony Vaio yang harganya di atas Rp10 juta, sebaiknya tunda dulu. Pertimbangkanlah yang satu ini: Eee PC keluaran Asus, yang dibanderol cuma Rp3,9 juta. Hanya seukuran buku pelajaran sekolah. Mudah dibawa dalam tas atau ditenteng. Benar-benar laptop yang ideal untuk pekerjaan secara mobile.

Sabtu kemarin Asus Eee PC telah resmi dijual di Jakarta untuk pertama kali, dan langsung habis diserbu oleh warga yang mengantri. Tapi tak perlu khawatir, dua minggu lagi laptop murah ini akan punya stok baru. Maka sebaiknya pesan mulai sekarang ke toko-toko terdekat di kotamu.

Dari spesifikasinya, aku menilai Eee PC sangat cocok dipakai untuk keperluan menulis dan membaca web di Internet. Bloger dan wartawan, yang sering harus menulis secara mobile [tidak di meja kantor] dan terhubung ke Internet, sangat tepat memakai laptop Asus ini.

asus-eee2.jpgSebab ia sangat kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa-bawa. Kehandalan prosesornya mencukupi kebutuhan standar, dengan 900 MHz Celeron M dan RAM 512 MB. Kapasitas memorinya, 4 GB, cukup untuk menyimpan file-file teks dan foto beresolusi sedang. Tersedia jaringan WLAN 802.11b/g Wi-Fi, ethernet, tiga USB 2.0 port, speaker stereo dengan kualitas suara bagus, dan mikrofon.

Satu lagi, dan ini cukup mengejutkan untuk harga laptop semurah Rp4 juta: Asus Eee PC telah dipasangi kamera built-in alias web cam, sehingga pengguna bisa ngobrol secara live dengan kawannya via Yahoo Messenger misalnya. Ketahanan baterainya diklaim sampai 3 jam.

Laptop berwarna putih ini telah diinstall dengan operasional sistem Windows XP. Versi Linux juga ada. Harga jualnya di Indonesia: Asus Eee PC versi Windows Rp3,9 juta, sedangkan versi Linux Rp3,6 juta.

Semua spesifikasi dan fitur itu sudah pas bagi kebutuhan menulis dan browsing Internet, seperti sering dikerjakan wartawan, bloger, cerpenis, novelis, mahasiswa, dll. Tapi untuk kebutuhan program-program berat seperti Pagemaker, Autocad, Photoshop, atau untuk bermain game online, komputer jinjing besutan Asus ini tentu tidak tepat.

Kabar yang berkembang di beberapa weblog luar negeri menyatakan, pihak Asus sedang [atau sudah?] memperbesar ukuran layar laptop Eee PC dari ukuran semula 7 inci menjadi 8 inci. Pembesaran monitor LCD ini tidak akan membuat bodi Eee PC menjadi lebih besar. Ukuran bodi dan beratnya tetap, sisa ruang kosong di sisi kiri-kanan layarlah yang diperlebar menjadi 8 inci. [http://www.blogberita.com]

Sumber : www.blogberita.com

Aku dapat info tanggal 27 – February nanti ada pameran laptop ini di Braga-Bandung, aku beli 1 ah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: