My Weblog

Just another WordPress.com weblog

Review Notebook Asus EEE

Review Notebook Asus EEE (saduran)


Beberapa hari ini kebagihan menggunakan notebook kecil dan murah Asus EEE.
Notebook yang pada mulanya diperuntukkan bagi anak-anak dan manula pada negara berkembang ini mulai banyak diminati kalangan tertentu yang menyukai gadget-gadget kecil.

Mudah untuk dibongkar dan mudah untuk diupgrade, mungkin slogan dari sebagian besar pengguna advance yang akan muncul setelah mereka memegang unit Asus EEE ini. Sejak review inisial pertama kami yakin bahwa peralatan ini akan lebih menarik dari yang diperkirakan. Tidak perlu mempertimbangkan media penyimpan yang terbatas, mesin kecil ini sangat powerfull sebagai sebuah notebook. Xandros Linux environment dapat diinstal beberapa program dan bisa support juga Windows XP. Kita juga menginginkan mengoprek notebook ini untuk upgrade, karena konfigurasi aslinya mempunyai RAM yang terbatas sebagaimana Anda menginginkan software-software yang berat.

Beberapa pengguna akan merasa menikmati minimalis dari Linux yang termasuk dalam paket EEE PC dan tidak menginginkan untuk mengubahnya, hanya menambahkan beberapa software saja.

Hack Pertama : Penambahan Program
Satu hal sederhana adalah menambah program seperti Gimp untuk mendapatkan akses konsul root, edit file dan instal program. Berikut adalah langkah-langkahnya :

Tekan ‘Work’ tab dan buka file manager.

Didalam file manager tekan ‘tools’ option pada menu bar dan pilih option untuk membuka console windows.

Pada console windows ketik ‘sudo bash’ dan tekan enter.

pq2blyrs.jpg pq2bmuhj.jpg

Sekarang anda bisa mengakses root. Ketik ‘nano /etc/apt/sources.list’, akan menampilkan editor text untuk mengedit file ini. Didalam file yang ditampilkan terdapat 2 bari listing server Asus dimana EEE PC gunakan untuk ambil aplikasi software melalui web. Anda akan memerlukan server tambahan, dengan menggeser kursor kebawah tambahan baris (tekan bawah sampai mendapatkan baris terakhir, lalu tekan end dan tekan enter). Lalu ketik ‘deb http://xnv4.xandros.com/4.0/pkg xandros4.0-xn main contrib non-free’ dan simpan filenya. Tekan control+X dan pilih ‘y’

pq2bx8g9.jpgav1ytot9.jpg

Dengan penambahan ini, Anda sekarang dapat menginstal Gimp dan aplikasi lain didalam group tersebut. Pertama Anda harus refresh lis software notebook dengan mengetikkan ‘apt-get update’ dan tekan enter didalam konsol root yang sama. Setelah selesai maka ketikkan ‘apt-get install gimp’, jika ada pertanyaan maka jawab ‘y’.

Setelah setesai, maka EEE bisa download dan menginstal dirinya sendiri. Gimp sekarang sudah terinstal dalam sistem dan kita bisa mengedit gambar dengan klik kanan pada gambar tersebutdan pilih Gimp sebagai program untuk mengeditnya, semacam ‘open with’ yang ada di kompouter Windows.

Gunakan metode yang sama, kita bisa instal berbagai macam software lainnya (meskipun menggunakan sumber server lainnya) jika Anda menginginkan.

Hack Kedua : Menambah Icon Start
Modifikasi lain yang cukup membantu adalah penambahan ikon sederhana ‘Start’ pada bagian bawah kiri dari LCD. Ini ternyata dihilangkan dari konfigurasi EEE PC. Anda bisa menambah hack mudah yang lain berikut.

Buka konsul yang sama dari file manager sebagaimana lis yang diatas dan ketik ‘sudo bash’ unruk menuju akses root.

Sekarang buat folder baru dengan mengetik ‘mkdir /home/user/.icewm’ dan salin sebuah konfigurasi file dengan mengetik ‘cp /etc/X11/icewm/preferences /home/user/.icewm/’

pq2c0s8j.jpg

Sekarang buka editor text dan ketik ‘nano /home/user/.icewm/preferences’. Skrol kebawah (page-down berfungsi juga unruk lebih cepat) dan temukan baris yang menginformasikan ‘TaskBarShowStartMenu’ dan ubah data ‘0’ menjadi ‘1’. Sekarang tutup file dengan ‘ctrl+x’, pilih ‘y’ untuk simpan dan restart EEE PC. Anda akan mempunyai tombol start pada bagia bawan dari layar.

Windows XP
Tingkat berikutnya adalah bagaimana mengisi Wndows XP ke Eee PC. Membutuhkan external USB DVD, sebuah CD Instalasi XP dan Asus DVD yang terdapat didalam paketnya. Asus dipaket dengan DVD multi-purpose untuk semua instalasi driver pada Windows. Instalasi XP tidak dijelaskan disini karena sudah sering dilakukan.

Setelah booting pertama menggunakan XP, Anda menginginkan semua driver dan software yang berada pada DVD yang disertakan. Setelah DVD dimasukkan, maka secara otomatis akan install driver ACPI spesial yang diperlukan identifikasi yang benar terhadap hardware notebook. Setelah itu notebook perlu direstart.

CATATAN : Diperlukan masuk ke BIOS (dengan menekan F2 pada saat startup) untu mengubah boot priority sehingga sistem akan mengecek dirve internak pertama kali kemudian external optikal. Jika tidak diubah pada BIOS ini, maka Notebook akan load recovery dengan restore Linux System originl pada saat restart.

av1ym2ir.jpg
Ke menu boot pada BIOS

pq2c3fbi.jpg
Pilih external DVD pada saat instal XP

pq2c3p9s.jpg
Pilih internal drive setelah selesai instal XP

Pada starup sistem berikutnya, buka utiliti driver Asus lagi jika tidak load otomatis dan pilih paket ‘InstAll’. Ini akan menginstal seluruh software unik pada Asus Eee PC, konfigurasi yang benar pada semua hardware pada notebook. Setelah itu, restart notebook dan sistem akan berfungsi dengan baik.

Ini adalah contoh dari Eee PC ($399) dengan WIndows XP versus Toshiba Tecra A9 ($1,749) dengan Windows Vista.

<p><object width=”425″ height=”355″><param name=”movie” value=”http://www.youtube.com/v/1I-wvet8-Lg&rel=1″></param><param name=”wmode” value=”transparent”></param></object></p>

Bechmark menggunakan Windows XP sebagai berikut :

PCMark05

Notebook PCMark05 Score
Asus Eee PC 701 4G (900MHz Intel Celeron M ULV) 1,132 PCMarks
Sony VAIO TZ (1.20GHz Intel Core 2 Duo U7600) 2,446 PCMarks
Fujitsu LifeBook P7230 (1.2GHz Intel Core Solo U1400) 1,152 PCMarks
Sony VAIO VGN-G11XN/B (1.33GHz Core Solo U1500) 1,554 PCMarks
Toshiba Portege R500 (1.2GHz Intel Core 2 Duo U7600) 1,839 PCMarks

wPrime
Notebook / CPU wPrime 32M time
Asus Eee PC 701 4G (Intel Celeron M ULV @ 900MHz) 200 seconds
Sony VAIO VGN-G11XN/B (Core Solo U1500 @ 1.33GHz) 125 seconds
Sony VAIO TZ (Core 2 Duo U7600 @ 1.20GHz) 76 seconds
Dell Inspiron 2650 (Pentium 4 Mobile @ 1.6GHz) 231 seconds

Upgrade
Bagi yang mempunyai keinginan untuk menambah RAM pada Eee PC bisa dilakukan sendiri. Dapat dilakukan dengan membalik Notebooknya, lepas baterai dan lepas 2 mur dari penutup RAM. Sekarang bisa diganti sendiri RAM-nya dengan 1GB atau 2GB DDR2 667MHz.

av1z1wls.jpg

Bagi yang benar2 mau menelanjangi Eee PC ini atau hanya sekedar melihat ada apa saja didalamnya, berikut ini bagaimana melakukannya.

Pertaman lepas semua mur pada bagian bawah notebook. Total semua ada 6 dan jangan takut terhadap ukuran dari mur karena semuanya sama, jadi tidak ada kemungkinan tertukar mur-nya dengan yang lain.

pq2cabks.jpg av1z3g69.jpg

Sekarang balik kembali notebook dan lepas keyboard-nya.

av1z3p19.jpg av1z4lta.jpg
av1z4_rr.jpg
Sekarang keyboard telah terlepas dan hati-hati untuk mengangkatnya. Berikutnya adalah kabel yang terkunci dari mainboard. Gunakan obeng, tekan kunci kabeknya kedepan sebagaimana dalam gambar berikut :

pq2ccrw0.jpg
Lepas semua mur yang dilingkari biru berikut :

av1z6lfi.jpg
Sekarang semuanya sudah selesai, gunakan jari dengan hati-hati atau alat lain yang lunak untuk membongkar kasing.

pq2cbcy0.jpg pq2cc0ur.jpg

Dengan melepas sambungan kabel secara hati-hati, bisa dilepas juga akhirnya mainboard-nya dan bisa dilihat bagian belakgn yang indah.

pq2cceoj.jpg pq2ccrw0.jpg

Dengan pengamatan secarahati-hati, kita akan temukan Mini PCI-express slot dengan tanda ‘FLASH_CON’ dan wirelles card ditandai ‘MINICARD’

Berikut ini adalah foto screen-nya.

av1za1da.jpg
(Ini adalah terjemahan dari www.notebookreview.com).
Oleh Kevin O’Brien

__________________
Newbie Tenan
Mari berbagi ilmu selama masih bisa

kitatahu.com -Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: