My Weblog

Just another WordPress.com weblog

ORI4

Beberapa waktu yang lalu seorang sales dari dari sebuah perusahaan manager investasi mengirimkan sebuah email kepada saya. Dia memberikan brosur penawaran untuk berinvestasi di ORI (Obligasi Ritel Indonesia) dengan masa penawaran emisi adalah 25 Februari hingga 13 Maret 2008. Sebuah tawaran menarik menurut saya sebagai bahan pilihan dalam diversifikasi aset kita. Namun sayang, keterbatasan dana menjadi kendala utama untuk mengisi keranjang yang satu ini karena minimal pembeliannya adalah 5 juta, terasa cukup memberatkan. Mungkin nextnya dapat saya coba di pasar sekunder atau menunggu ORI 005, berharap hehehhe…

ORI atau singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia diluncurkan dengan tujuan untuk menjadi sumber dana alternatif baru yang akan digunakan untuk membiayai berbagai anggaran belanja negara. Beberapa ORI sebelumnya sudah dikeluarkan pemerintah dengan target kupon atau bunga diatas 10%, namun untuk ORI 004 ini “hanya” diganjar bunga 9.5% gros (harus dikurangi pajak 20%). Meskipun bunga yang ditawarkan cukup rendah namun saya rasa antusiasme masyarakat membeli ORI 004 masih cukup tinggi karena kita lihat pasar saham saat ini terlalu bergejolak sehingga investor masih wait n see dulu dan kemungkinan beralih ke ORI dari pada harus ke deposito yang menawarkan bunga lebih rendah (+/- 6%)

Semua investasi pasti ada resiko, namun saya melihat resiko investasi di ORI tidak terlalu besar dan dapat diterima oleh investor bertipikal konservatif. Berikut resiko-resiko berinvestasi di ORI :

1. Resiko Kredit, yaitu resiko tidak dibayarnya bunga atau pokok pada saat jatuh tempo. Namun ORI adalah investasi yang bebas terhadap resiko gagal bayar karena dijamin pemerintah.
2. Resiko Harga. Dalam transaksi di pasar sekunder, dimungkinkan adanya resiko pasar, akibat harga jual lebih rendah dibandingkan harga beli (capital loss). ORI tidak memiliki resiko ini, apabila tidak dicairkan sampai dengan jatuh tempo.
3. Resiko Likuiditas, yaitu resiko tidak dapat mencairkan investasi ORI saat memerlukan dana. Namun semua agen penjual ORI berkomitmen sebagai “standby buyer” yang akan membeli ORI dari nasabah.

Selain ada kekurangan tentu ada kelebihan dari ORI ini, antara lain :

1. Aman, Pembayaran pokok dan bunga sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-undang (namun perlu diingat penegakan undang-undang di negara kita masih relatif rendah, jadi hati-hati)
2. Imbal hasil menarik, Bunga atau kupon ORI di atas bunga deposito dari bank.
3. Peluang Capital Gain. ORI berpotensi memberikan “Capital Gain” apabila tingkat suku bunga turun.
4. Dapat dijadikan jaminan.ORI dapat dijadikan jaminan pinjaman untuk investasi di beberapa agen penjual (manager investasi).

Ilustrasi Investasi di ORI.

Investor A membeli ORI di pasar perdana sebesar 100 juta dengan bunga 9% dan tidak dijual sampai jatuh tempo. Hasil investasi yang diperoleh adalah :
Bunga per bulan sampai jatuh tempo
= 9% x 100 juta x (1/12)
= 750 ribu atau sekita 600.000 (setelah pajak)
Pokok saat jatuh tempo adalah = 100 juta

Investor B membeli ORI di pasar perdana sebesar 100 juta dengan dengan bunga 9% dan dijual di pasar sekunder dengan kenaikan 5%, maka hasil yang diperoleh adalah :
Bunga per bulan sampai saat ORI dijual
= 9% x 100 juta x (1/12)
= 750 ribu atau sekita 600.000 (setelah pajak)
Capital Gain = 100 juta x 5%
= 5 juta atau 4 juta (setelah pajak)
Dana yang diterima saat dijual
= Jumlah Pokok ORI + Capital Gain
= 100 juta + 4 juta = 104 juta (setelah pajak)

Investor B membeli ORI di pasar perdana sebesar 100 juta dengan dengan bunga 9% dan dijual di pasar sekunder dengan penurunan 2%, maka hasil yang diperoleh adalah :
Asumsi bahwa ORI disimpan selama 1 bulan
Capital Loss = 100 juta x 2% = -2 juta
Bunga selama 1 bulan = 750 ribu
Capital Loss ditambah bunga ORI
= -2 juta + 750 ribu = -1.25 juta (tidak dipotong pajak karena kurang dari 0)
Dana yang diterima saat dijual
= 100 juta + (-1.25 juta) = 98.75 juta

Selamat berinvestasi…!!!

*Tulisan disadur dari brosur Danareksa untuk penawaran ORI 004 dan asumsi penulis

Sumber : http://wnesia.wordpress.com/2008/02/26/ori-004/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: