My Weblog

Just another WordPress.com weblog

Tips buat yang mau ngambil MBA ke Luar Negeri

Ini dapat dari thread di kaskus, di share oleh dgn nick nujail

Aku copas ajah ke sini, maybe berguna di kemudian hari :

1. Belajar GMAT yang bener … Kuncinya semua di GMAT, kalo loe bisa dapet GMAT diatas 650 loe punya kesempatan untuk dapet beasiswa. Kalo mau meningkatkan GMAT ada banyak caranya beli buku yang ngebahas tentang soal2 latihan GMAT kalo perlu ikut les. Gue dulu ikut lesnya Nick Pascal gue gak tau orang ini masih di Jakarta gak soalnya dia Assistant Professor dari MIT (yes it’s the MIT) yang lagi dapet proyek sama Garuda. Ikut kelasnya dijamin naik nilainya. Nilai gue dari 590 naik ke 660 hanya ikut yang Basic coba kalo gue ada waktu untuk ikut yang Advance dan tingkat lanjutnya (gue lupa nama levelnya) bisa dapet 700 lebih …. BTW umur gak terlalu ngaruh lho, gue ikut kelasnya umur gue udah 29 jadi untuk yang merasa udah tua kayak gue jangan patah semangat ya.

2. TOEFL jangan IELTS … Bukannya gue gak suka IELTS cuman kalo punya TOEFL bisa untuk daftar di US, UK, Europe dan hampir di semua negara. Kalo IELTS cuman bisa yang di commonwealth aja (gak laku di US). Ini gak terlalu penting soalnya kalo loe bisa dapet GMAT diatas 600 pasti TOEFL loe di atas 600 nilai dulu, sekarang 100 (IBT). Jangan lupa ya belajar mengarang ada beberapa Uni yang mensyaratkan writing-nya bagus. Gue kagak belajar jadi writing gue jelek jadi gak bisa daftar di Cambridge, Chicago GSB, RMS dll.

3. Kalo 2 diatas udah punya Pilih Uni yang sesuai dengan nilai kalian. Banyak yang bilang kok gak pilih Uni berdasarkan keinginan, kalo gue menganjurkan berdasarkan kemungkinan diterima dan dapet beasiswa. Kalo mau ngebandingin bisa cari data di BusinessWeek, US News atau Financial Times. Pilih yang nilai kamu berada di percentile 20%-80% (intinya nilai loe ntar gak jelek 2 amat dibanding temen loe yang nanti keterima)

4. Setelah dapet short list Uni yang mau didaftar, coba diliaht lagi masing2 uni kelebihannya apa dan kalian pinginnya kerja apa setelah lulus. Kalo udah short list tersebut seharusnya udah tinggal 4-5 Uni. Kalo kalian emang jago banget (GMAT di atas 700) pilihan kalian jadi banyak coba di short list lagi, soalnya ngedaftar butuh biaya dan waktu jadi jangan banyak2 daftarnya.

5. Persiapan application …. Dari pengalaman gue ngedaftar lebih dari 10 Uni, kalian sebaiknya ngedaftar secepatnya sebisa mungkin bulan October sehingga kemungkinan dapat beasiswa tinggi. Anjuran lagi coba download Manchester Business School (MBS) application form. Uni ini gokil banget, essay yang harus dibuat ada 12 yang lain rata2 cuman 4. Kalo loe udah bisa buat essay yang bagus untuk application MBS loe bisa tinggal copy ke application yang laen, soalnya essay di semua MBA hampir sama. Mantab deh

6. Rekomendasi …. Cari orang yang bisa ngasih rekomendasi yang bagus dan kalo bisa posisinya bagus, jadi rekomendasi dari CEO pasti lebih bagus dari Supervisor. O ya rekomendasi harus sepesifik ya jadi jangan cuman bilang “Anak ini kerjanya bagus dan punya potensi” tapi “Anak ini kalo ngerjain kerjaan cepet, gak perlu dijarin lama udah bisa contohnya pada waktu projek XXXXX dia bla bla bla”. Oya semakin banyak loe daftar semakin banyak rekomendasi yang diperlukan so … jangan daftar banyak2 supaya yang kita mintatin rekomendasi gak sebel.

7. Daftar deh … O ya kalo mau murah lagi cari Uni yang gak minta biaya pendaftaran. Soalnya rata2 biaya pendaftaran sekitar US$100-150. Sebelum daftar kirim GMAT dan TOEFL kalian 2-4 minggu sebelumnya supaya ketika kalian daftar nilainya udah nyampe.

8. Good luck …

O ya dari tadi gue bicara beasiswa tapi gak ngejelasin lebih detail. Kebanyakan di semua Uni ada beberapa type beasiswa. Beasiswa yang mengikat dan yang gak. Kalo yang mengikat biasanya bisa dapet besar. Contohnya dengan beasiwa tersebut loe harus pulang ke Indo lagi untuk kerja minimal 5 tahun. Beasiswa kayak gini bisa ngebayarin semua biaya kalian. Kalo beasiswa yang aku maksud adalah beasiswa yang tidak mengikat. Biasanya beasiswa kayak gini cuman parsial misalnya 30% dari biaya kuliah dll. Gue sih lebih suka beasiswa kayak gini soalnya bisa cari kesempatan di negara lain.

Kalo tips diatas berguna gak nolak kalau dikasih Ijo-ijo …

Pembiayaan
Untuk yang gak punya duit tapi pingin sekolah MBA ke LN ada beberapa tips
1. Cari Beasiswa
Ini udah dibahas di atas

2. Cari pinjaman
Percaya atau tidak kita sebagai warga negara Indonesia masih mungkin mendapatkan pinjaman untuk sekolah dari bank di LN. Caranya banyak MBA di LN bekerja sama dengan Institusi Keuangan untuk memberikan bantuan kepada mahasiswanya. Cari data lengkap di website uni tersebut dan jika ada coba hubungi dan Apply. BTW gue udah pernah nanya waktu itu ke HSBC di UK ternyata mereka punya kerjasama dengan MBA tertentu untuk memberikan education loan.

3. Nego beasiswa.
Tambahan untuk yang nomer 1. Coba untuk nego ke MBA kamu tentang jumlah beasiswa yang kamu dapet. Bilang aja sejujurnya kamu hanya punya dana xxx dan kurang yyy. Jika kamu memang dilihat potensial sangat mungkin mereka akan menaikkan beasiswa kamu. Gue berhasil juga dengan cara ini MBA gue menaikkan beasiswanya.

4. Menabung dong dari sekarang …..

5. Good luck

Menaikkan nilai GMAT

Karena banyak yang bertanya tentang ini gue kasih tips-nya … lagi2 menurut gue

1. Kenali tes GMAT. Maksudnya pelajari dulu tes GMAT seperti apa formatnya baca2 soalnya seperti apa kalau perlu ikut tesnya paling tidak untuk merasakan stres dan susahnya ujian ini.

2. Kenali kelemahan kamu. Pertama kali gue ngambil tes GMAT nilai Math gue di percentile 94% maksunya gue mengalahkan nilai 94% orang yang pernah ikut tes ini tapi inggir gue cuman 16% Dari sini gue tau kalau kelemahan gue emang di inggrisnya.

3. Perbaiki kelemahanmu. Karena aku tau kelemahan gue di Inggris maka gue ambil les GMAT untuk memperbaiki nilai inggris gue. Kenapa kok gak ngambil les TOEFL??? Jujur aja gue gak nganggep nilai TOEFL soalnya nilai TOEFL gue dari sejak kuliah udah 600 an jadi bukan tipe soal TOEFL yang gue kesulitan. Akhirnya gue berakhir les di Nick Pascal …

4. Serius …… Ini mungkin yang agak susah dilakukan. Gue pas les ini bener2 seriuussssss. Apa yang akan dibahas pada hari itu gue udah kerjain sebelumnya di rumah jadi pas dateng gue lebih banyak bertanya ke dia bagaimana mengerjakan dengan lebih cepat dan dasar asumsi yang digunakan. Gue di kelas lebih banyak untuk memperbaiki pola pikir bukan untuk mencari tau, soalnya kalo mencari tau menurut gue hasil yang diterima saat les gak terlalu maksimal.

5. Banyak latihan …. Sama kayak persiapan UMPTN …. Practice make perfect ….

7 responses to “Tips buat yang mau ngambil MBA ke Luar Negeri

  1. kaupadaku July 31, 2009 at 5:58 pm

    nick is simply the best gmat instructor in the country, i believe the guy’s phony tho.
    Done my homework. Do yours guys.

  2. Ridwan August 21, 2009 at 8:30 pm

    nice information. that is what I need & look for. so GMAT is really important. would you please give any information where I can follow GMAT course???????

  3. maria September 6, 2009 at 2:32 pm

    masih punya contact no / email address nya nick kaplan? boleh share? gw butuh banget nih. thanks in advance.

  4. maria September 6, 2009 at 2:33 pm

    sorry, salah tulis. maksud gw nick pascal.

  5. shidieq October 3, 2009 at 2:47 pm

    mantap gan!!!
    :beer:

    dapat pencerahan ane disini :shakehand:

  6. dbee_curly August 17, 2010 at 10:51 am

    Yeah… Thanks a lot for the sharing… really appreciate it.

  7. rajim laymond August 31, 2010 at 6:45 am

    dbee curly

    u r welcome🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: